Sabtu, 27 September 2014

What I Got Today ? Pertemuan VII 25/09/2014

BADAN DAN JIWA
       Badan dan jiwa adalah satu kesatuan yg membentuk pribadi manusia. Kesatuan keduanya membentuk keutuhan pribadi manusia.
       Pembahasan kita:
1)    Dua aliran yang melihat badan dan jiwa secara bertolak belakang: monisme dan dualisme.
2) Tanggapan terhadap kedua aliran.
3) Pengertian dan hakekat badan dan jiwa.
MONOISME
       adalah aliran yang menolak pandangan bahwa badan dan jiwa merupakan dua unsur yang terpisah. Badan dan jiwa adalah satu substansi. Keduanya satu kesatuan yang membentuk pribadi manusia.
       Tiga bentuk aliran ini: materialisme, teori identitas dan idealisme.
Materialisme = menempatkan materi sebagai dasar bagi segala hal yg ada (fisikalisme). Manusia juga bersumber pada materi. Manusia tidak pernah melampaui potensi jasmaninya. Jiwa tidak punya eksistensi sendiri. Jiwa bersumber dair materi. Eksistensi jiwa bersifat kronologis (hasil hubungan sebab akibat). Reduksi humanitas pada dimensi fisik punya implikasi negatif pd penilaian atas aktivitas mental.
Teori identitas = menekankan hal berbeda dari materialisme, tapi mengakui aktivitas mental manusia. Ini menjadi ciri khas manusia. Letak perbedaan jiwa dan badan hanya pada arti bukan referensi. Badan dan jiwa merupakan dua elemen yg sama.
Idealisme = ada hal yg tidak dpt diterangkan semata berdasarkan materi, seperti pengalaman, nilai dan makna. Itu hanya punya arti bila dihubungkan dengan sesuatu yang imaterial yaitu jiwa.
Rene Descartes dengan cogito ergo sumnya menjadi peletak dasar dari idealisme.
DUALISME
       Adalah badan dan jiwa adalah dua elemen yg berbeda dan terpisah. Perbedaannya ada dalam pengertian dan objek.
       Empat cabang: interaksionisme, okkasionalisme, paraleleisme dan epifenomenalisme. 1) Interaksionisme =fokus pada hubungan timbal balik antara badan dan jiwa. Peristiwa mental bisa menyebabkan peristiwa badani dan sebaliknya.
2) Okkasionalisme = memasukkan dimensi ilahi dalam membicarakan hubungan badan dan jiwa. Hub peristiwa mental dan fisik bisa terjadi dengan campur tangan ilahi.
3) Paralelisme = sistem kejadian ragawi terdapat di alam, sedangkan sistem kejadian kejiwaan ada pada jiwa manusia. Dalam diri manusia ada dua peristiwa yang berjalan seiring yaitu peristiwa mental dan fisik, namun satu tidak jadi sumber bagi lainnya.
4) Epifenomenalisme = melihat hubungan jiwa dan badan dari fungsi syaraf. Satu- satunya unsur untuk menyelidiki proses kejiwaan adalah syaraf.
TANGGAPAN SINGKAT:
1)    Pandangan monisme, bertentangan dengan hakekat manusia sesungguhnya.
Plato berkata, badan dan jiwa punya sifat yg berbeda. Badan sementara, jiwa abadi. Kelemahan materialisme adalah tidak bisa melihat bahwa pengalaman bersifat personal.

2) Pandangan dualisme, khususnya paralelisme yang mengatakan badan jiwa dua hal yang terpisah, tidak terkait, sulit diterima. Perbuatan baik muncul dari niat yang baik. Manusia adalah makhluk rohani dan jasmani sekaligus.
BADAN MANUSIA
       Badan adalah elemen mendasar dalam membentuk pribadi manusia.
       Pandangan Tradisional
Badan adalah kumpulan berbagai entitas material yang membentuk makhluk. Mekanisme gerakan badan bersifat mekanistik. Pandangan ini tidak memberikan pandangan utuh tentang manusia. Badan harus dimengerti melebihi dimensi fisik. Badan menyangkut keakuan. Membicarakan tubuh adalah membicarakan diri (Gabriel Marcel). Hakekat badan bukan pertama-tama terletak pada dimensi materialnya, tapi dalam seluruh aktivitas entitas yg terjadi dalam badan: tertawa, menangis, berjalan, lari, duduk, dll.
JIWA MANUSIA
       Badan manusia tidak memiliki apa-apa tanpa jiwa. Tidak ada keakuan bila dilepaskan dari jiwa. Dalam pandangan tradisional jiwa – makluk halus, tidak bisa ditangkap indera. Konsep ini menempatkan jiwa di luar hakekat manusia. Ini ditolak. Jiwa harus dipahami sebagai kompleksitas kegiatan mental manusia. Jiwa menyadarkan manusia siapa dirinya.
       James P Pratt menunjuk ada empat kemampuan dasar jiwa manusia.
Pertama, menghasilkan kualitas penginderaan.
Kedua, mampu menghasilkan makna yang berasal dari pengeinderaan khusus.
Ketiga, mampu memberi tanggapan terhadap hasil penginderaan.
Empat, memberi tanggapan pada proses yg terjadi dalam pikiran demi kebaikan.
       Agustinus: manusia hanya bisa melakukan penilaian terhadap tindakannya karena dorongan dari jiwa. Jiwa mendorong manusia untuk melakukan hukum-hukum moral yang diketahui. Praktek moral sehari-hari adalah tanda berfungsinya jiwa dalam diri seseorang. Kemampuan jiwa menunjukkan bahwa kegiatan manusia bukan mekanistik.
       KESIMPULAN
Realitas manusiawi – realitas prinsipial terbentuk dari dua elemen, yaitu material dan spiritual.
Badan dan jiwa = satu kesatuan yg membentuk eksitensi manusia. Jiwa tidak bisa berfungsi baik  kalau tidak ada badan. Badan manusia bukan mekanistik, tapi dinamika dari jiwa itu sendiri.

Sumber : Slide Badan dan Jiwa Pak Raja Oloan 25/09/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar