Sabtu, 20 September 2014

What I Got Today ? Petemuan IV 19/09/2014 Bagian Pertama

Hari ini, adalah hari yang paling berbeda dari hari-hari sebelumnya, hari ini kami belajar dari pukul 8 pagi hingga pukul 4.40 sore hari, in dikarena kan jadwal UTS MKU kami bertepan dengan jadwal kuliah umum yang telah dijadwalkan sebelumnya, sehingga pelajaran yang dipelajari lebih banyak hari ini sebagai pengganti hari tersebut.
Hari ini kami menjalani 4 sesi, awal nya saya berpikir ini adalah hari yang berat, namun ternyata saya salah, walaupun sedikit melelahkan hari ini adalah hari yang sangat berkesan, ada game-game yang seru dan perenungan - perenungan yang membuat kami hanyut dalam tangis.

Nah, yang kami hari ini pun jauh lebih banyak dari hari- hari sebelumnya kami mempelajari
1. Subyektivisme dan Obyektivisme
2. Substansi filsafat ilmu pengetahuan : konfirmasi, inferensi dan telaah kontruksi teori (A. Susanto)
3. Memahami logika (Critical Thinking) atau prinsip-prinsip logika
4. Logika : deduksi dan induksi 



                                  SUBYEKTIVISME DAN OBYEKTIVISME

       Pengetahuan dipahami sebagai keyakinan yang dianut oleh individu.

       Dari pangkal pandangan individu, pengetahuan dipahami sebagai seperangkat keyakinan khusus yang dianut oleh para individu.
       Pendukung pandangan ini adalah:

ü  Aristoteles, Plato, Rene Descartes

ü  Kaum Solipsisme (solo ipse)

ü  Kaum Realisme Epistemologis

ü  Kaum Idealisme Epistemologis



Ciri-ciri pendekatan Subyektivisme:

q  Menggagas pengetahuan sebagai suatu keadaan mental yang khusus (semacam kepercayaan yang istimewa),misalnya sejarah, kepercayaan yang lain, dst.

q  Pengalaman subyektif (kokoh terjamin) sebagai titik tolak pengetahuan dari data inderawi (intuisi) diri sendiri.

q  Prinsip subyektif tentang alasan cukup, karena pengalamanan bersifat personal, benar secara pasti dan meyakinkan karena berlaku sebagai pengetahuan langsung dari diri subyek.



DESCARTES:

q  Cogito ergo sum cogitans: saya berpikir maka saya adalah pengada yang berpikir.

q  Ketika Descartes berbicara mengenai “berpikir”, ia tidak bermaksud secara eksklusif pada penalaran saja, tetapi melihat, mendengar, merasa, senang atau sakit, kehendak (seluruh kegiatan sadar) masuk dalam kegiatan “berpikir”.

           Realisme Epistemologis : berpendapat bahwa kesadaran menghubungkan saya dengan “apa yg lain” dari diri saya.

           Idealisme Epistemologis: berpendapat bahwa setiap tindakan mengetahui berakhir di dalam suatu ide, yang merupakan suatu peristiwa subyektif murni.

©       Banyak filsuf sesudah Descartes mengandaikan bahwa satu-satunya hal yg dapat kita  
  ketahui dengan pasti adalah diri kita sendiri dan kegiatan sadar kita.

©       Pengetahuan tentang diri sendiri merupakan pengetahuan langsung.

©       Semua pengetahuan tentang  sesuatu “yang bukan aku” atau yang diluar diri sendiri diragukan kepastian kebenarannya.

©       Pengetahuan tetang “yang bukan aku merupakan pengetahuan tidak langsung.

©       Bagaimana orang dapat keluar dari pikirannya sendiri dan mengetahui dunia obyektif di luar diri?

©       Bagaimana  kita ketahui apakah gagasan tentang obyek sesuai dengan obyeknya itu sendiri dan bukan ilusi kita sendiri?

©       Descartes menolak skeptisme yang membawanya justru ke arah subyektivisme.

SKEPTISME

©       Sifat dasar : kita tidak pernah tahu tentang apa pun.

©       Menurut penganut skeptisisme mustahil manusia mencapai pengetahuan tentang sesuatu, atau paling kurang manusia tidak pernah merasa yakin apakah dirinya dapat mencapai pengetahuan tertentu.

©       Skeptisisme meragu-ragukan kemungkinan bahwa manusia bisa mengetahui sesuatu karena tidak ada bukti yang cukup bahwa manusia  benar - benar tahu tentang sesuatu. 

©       Descartes seorang rasionalis.

©       Baginya rasio atau pikiran adalah satu-satunya sumber dan jaminan kebenaran pengetahuan.

©       Descartes meragukan pengalaman inderawi dalam menjamin kebenaran pengetahuan, termasuk pengetahuan tentang dunia luar kita.

©       Menurut Descartes bahwa Tuhan Yang Maha Kuasa dapat saja secara langsung memunculkan data-data indra  dalam kesadaran kita tanpa harus ada “dunia luar” yang mendasarinya.

©       Indera dapat memberikan pengetahuan tentang dunia fisik yang dapat dipercayai

©        kebenaran bukan karena indera sendiri dapat diandalkan, tetapi hanya berdasarkan keyakinan Tuhan yang menciptakan indera pada manusia yang tidak mungkin menipu.

©       Kenyataan bukti bagi keyakinan nalar akan adanya dunia luar atau “yang bukan aku” tidak kurang meyakinkan dibandingkan bukti yang tersedia bagi kenyataan adanya subyek atau “aku”.

©       Descartes ke dalam posisi ekstrim yang disebut Solipsisme. (bhasa Latin gabunga antara Solus dan ipse yang berarti “ia sendiri pada dirinya”

©       Keberadaan atau pengetahuan mengenai “yang lain” atau “yang bukan diri sendiri” hanya dapat disimpulkan secara tidak langsung dari kebenaran dan pengetahuan mengenai diri sendiri.

©       Keberadaan sesuatu di luar diri atau “yang bukan aku” dalam pengalaman sehari-hari misalnya menjadi jelas dari gejala bahasa.

©       Kenyataan adanya bahasa selalu mengandaikan bahwa adanya pribadi atau subyek lain selain dirinya sendiri.

©       Bahasa sebagai saranan komunikasi untuk menjalin hubungan dengan yang lain.

©       Berkaitan dengan gejala bahasa bahwa melalui pengalaman sehari-hari terjadinya dilaog, yang mengandaikan adanya orang lain.

©       Dalam kesleuruhan proses dialog keberadaan diandaikan adanya subyek lain atau “yang bukan aku” atau dia yang menjadi lawan bicara ku.

©       Orang tdak akan mempunyai kesadaran eksplisit ttg dirinya sebagai individu selain melalui interaksi dengan individu lain lain atau “yang bukan aku”.

©       Kesadaran akan diri sendiri bukan suatu intuisi langsung ttg diri dalam gagasan yang terpilah-pilah sebagaimana yang dipahami Descartes.

©       Kesadaran akan diri sendiri merupakan hasil dari suatu proses bertahap melalui pengalaman pergulatan dengan dunia luar.

©       Kita mengenal keberadaan dunia di luar diri dari pengalaman berhadapa dan berinteraksi dengannya.

©       Aku bisa tahu bahwa orang lain yang menjadi lawan bicara ku dalam dialog adalah pribadi seperti aku, karena dia mengungkapkan perilaku sebagaimana aku berperilaku.

©       Aku sadar dan kenal diriku justru dalam kesadaran dan pengenalan yang bukan aku.

©       Dalam kenyataan hidup diri sebagai subyek yang bukan hanya berfungsi sebagai penahu (knower), tetapi juga sebagai pelaku (agen) tidak bisa mengandaikan adanya “yang lain” baik sebagai obyek pengetahuan dan kegiatannya maupun sebagai sesama subyek dalam dialog. 

©       Apabila paham subyektivisme hanya mau dikatakan ttg pentingnya peran subyek atau sisi subyektivitas pengetahuan, maka paham ini masih dapat diterima.

©       Apabila mengklaim bahwa sesungguhnya ada dan dapat diketahui dengan pasti itu hanyalah subyek dan gagasannya, sedangkan semuanya yang lain baik adanya maupun dapat diketahui perlu diragukan, maka paham subyektivisme tersebut tidak dapat diterima.

©       Demikian juga paham bahwa semua jenis pengatahuan itu selalu bersifat subyektif atau tidak memiliki kebenaran obyektif, paham semacam itu dalam epistemogi pastas di tolak




OBYEKTIVISME

q  Suatu pandangan yang menekankan bahwa butir-butir pengetahuan manusia – dari soal yang sederhana sampai teori yang kompleks – mempunyai sifat dan ciri yang melampaui (di luar) keyakinan dan kesadaran individu (pengamat).

q  Pengetahuan diperlakukan sebagai sesuatu yang berada diluar ketimbang di dalam pikiran manusia.

q  Pendukung pandangan ini adalah:

Popper, Latatos dan Marx

q  Obyektivisme merupakan pandangan bahwa obyek yang kita persepsikan melalui perantara indera kita itu ada dan bebas dari kesadaran manusia.

q  Objektivisme ini beranggapan pada tolak ukur suatu gagasan berada pada objeknya.

q  Objektivisme diartikan sebagai pandangan yang menganggap bahwa segala sesuatu yang diPahami adalah tidak tergantung pada orang yang memahami.



Ada 3 pandangan dasar Objektivisme:

  1. Kebenaran itu independen terlepas dari pandang subjektif,
  2. Kebenaran itu datang dari bukti faktual,
  3. Kebenaran hanya bisa didasari dari pengalaman inderawi.

Pandangan ini sangat dekat dengan positivisme dan empirisme.

Pengetahuan dalam pengertian Objektivis:

       sepenuhnya independen dari klaim seseorang untuk mengetahuinya ;

       Pengetahuan itu terlepas dari keyakinan seseorang atau kecenderungan untuk menyetujuinya atau memakainya untuk bertindak.

       Pengetahuan dalam pengertian obyektivis adalah pengetahuan tanpa orang: ia adalah pengetahuan tanpa diketahui subjek.” (Karl R. Popper)

       Obyek itu bersifat “umum” dalam arti bahwa obyek yang sama dapat dipersepsikan oleh pengamat yang jumlahnya tidak terbatas.

       Obyek-obyek itu bersifat permanen, baik untuk dipersepsikan atau pun tidak.

       Obyek-obyek memiliki kualitas-kualitas yang sama seperti yang disajikan kepada persepsi, sehingga tindakan persepsi tidak mengubah sedikit pun obyek.

        Para filsuf Skolastik mengangap perlu untuk memperbaiki beberapa keyakinan harian kita, yaitu: meletakkan “kesalahan” pada indera, karena indera tidak pernah salah.



Untuk mempercayai kebenaran kesaksian inderawi, beberapa syarat harus dipenuhi:

a)      Obyek harus sesuai dengan jenis indera kita. Warna-warna infra merah tidak cocok bagi indera kita.

b)      Organ indera harus normal dan sehat. Misalnya buta, tuli, atau buta warna. Tidak dapat melakukan penginderaan secara obyektif.

c)       Karena obyek ditangkap melalui medium, maka medium itu harus ada. Misalnya, warna akan ditangkat idera dengan tepat apabila di bawah sinar matahari dari pada di bawah sinar merah yang digunakan untuk mencetak foto.

       Keyakinan tidaklah selalu obyektif dalam hubungannya dengan kesadaran pertimbangan, tetapi obyek-obyek konseptual benar-benar bersifat obyektif.

       Masalah persepsi tetap merupakan masalah yang paling besar yang tidak terpecahkan di dalam keseluruhan epistemologi.

Perlu mengingat pembedaan antara obyek khusus dan obyek umum.

v  Obyek khusus merupakan data yang ditangkap hanya oleh satu indera. Misalnya, warna, suara, bau.

v  Obyek umum merupakan data yang dapat ditangkap oleh lebih dari satu indera. Misalnya keluasan dan gerakan yang dapat dilhat dan diraba atau oleh indera lainnya.

v  Keyakinan tidaklah selalu obyektif dalam hubungannya dengan kesadaran pertimbangan, tetapi obyek-obyek konseptual benar-benar bersifat obyektif.

v  Masalah persepsi tetap merupakan masalah yang paling besar yang tidak terpecahkan di dalam keseluruhan epistemologi.


 Sumber :
Slide Subyektivisme dan Obyektivisme 19/09/2014 oleh Rm Carolus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar